Kamis, 26 November 2009

MENGAPA BISNIS PENTING

Semua manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan kebutuhan ini harus dipenuhi, yaitu berupa kebutuhan akan makanan, pakaian dan perumahan dalam istilah populernya, kebutuhan akan sandang, pangan dan papan mulai dari bentuk sederhanan, sampai ke bentuk yang mewah, canggih dan sangat mahal dengan segala perlengkapannya.

Semua kebutuhan ini dipenuhi melalui kegiatan bisnis. Dalam jaman modern sekarang ini, dunia bisnis sangat kompleks dan membutuhkan banyak waktu buat mereka yang ingin mempelajari secara mendalam. Apa yang di maksud dengan bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli. Melihat asal katanya bisnis berasal dari bahasa Inggris yang berarti : Perusahaan, urusan atau usaha. Misalnya The Grocery Business = Perusahaan sayur mayur, It is not your business = ini bukan urusannmu.

Perubahan lingkungan mempengaruhi bisnis dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan agar bisnis kita berhasil. Dengan memahami bagaimana bisnis tersebut bekerja, akan lebih memudahkan orang-orang untuk melakukan bisnis dan menggapai keberhasilan. Menurut Pandji Anoraga (2000) ada lima alasan penting tentang bisnis itu :

1. Adanya saling ketergantungan
2. Adanya peluang international
3. Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup
4. Adanya perubahan
5. Mencegah kesalahpahaman

Istilah dalam bisnis
Perusahaan : merupakan suatu organisasi yang menggunakan dan mengkordinasikan sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara menguntungkan
Industri : merupakan suatu kelompok perusahaan yang memproduksi barang yang sama untuk pasar yang sama pula (Basu Swastha, 1993 ).
Ekonomi : studi tentang bagaimana suatu masyarakat memilih dalam menggunakan sumber-sumber daya yang langka untuk menghasilkan/memproduksi barang-barang dan jasa-jasa serta mendistribusikan barang dan jasa tersebut kepada masyarakat untuk dikonsumsi.


Jika, kita sudah mulai terjun menekuni dunia bisnis, maka mulai saat itu kita mulai memikul tanggung jawab terhadap masyarakat luas. Dan hari ke hari kita mulai mendapat pengalaman, keterampilan, dan keahlian kita akan meningkat dari tingkat bawah sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Dan semua usaha harus mulai dari bawah, agar memiliki pondasi yang kuat untuk mencapai tingkat professional.

Pendekatan mengidentifikasi peluang bisnis menurut Connie Cox (1985) ini terdiri dari dua fase yaitu :

A. Fase Pertama : Menemukan Gagasan
Untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru ada empat hal ialah :


-Diri Sendiri

Sumber pertama gagasan yang paling dekat dan mudah adalah pada diri sendiri. Hanya saja dalam hal ini butuh kepekaan. Cobalah bertanya pada diri kita sendiri, apa yang akan diperlukan dan dibeli oleh orang lain.

-Pelanggan
Sumber kedua untuk memperoleh gagasan bisnis baru adalah pelanggan dan pesaing. sumber gagasan dari pesaing ini lebih sulit karena mereka tidak secara jujur mengatakan segala hal yang ingin kita ketahui

-Pasar
Sumber gagasan bisni s baru adalah pasar, keberhasilan suatu produk disatu pasar kerapkali dapat melahirkan gagasan tentang sukses-sukses potensial di pasar lainnya.

-Produk yang gagal
Sumber keempat dari lahirnya gagasan bisnis adalah produk-produk yang gagal. Suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang gagal kerapkali mengisyaratkan masih adanya perubahan yang cukup besar atas produk itu, dan ciri-ciri negatifnya dihilangkan.

2 komentar:

  1. A Beginner's Guide to Baccarat - Urban Graffiti
    The first game of baccarat 메리트 카지노 고객센터 was a classic two-card poker played 인카지노 by a high school blackjack player called the 바카라 “kappa." While most people associate the games of Baccarat with

    BalasHapus

Pengikut